Afrika yang Resah

Afrika yang Resah

Number of page: 212
Author: Okot p'Bitek
Publisher: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Rating:
Category: Poetry

 Lewat sajak dalam buku ini, Okot p'Bitek berusaha mengungkapkan berbagai persoalan penting dalam negara yang baru saja lepas dari kekuasaan penjajahan Barat. ia mengajak kita semua melihat rangkaian persoalan yang kompleks itu dari berbagai sudut pandang yang baru; ia menyadarkan kita bahwa setidaknya harus merenungkan kembali pilihan-pilihan yang telah kita singkirkan selama ini. Mungkin kita bahkan merasakan bahwa masalah itu masih tetap masalah bagi kita sekarang. Sajak-sajak karya Okot p'Bitek ini memiliki nilai tambah bagi kita; di samping menyodorkan pengalaman baru untuk kita hayati, ia juga mengingatkan kita akan berbagai masalah sosial, politik, dan budaya yang mungkin sekali, selama ini sudah kita anggap selesai namun kenyataannya tetap berupa masalah.Adalah penting artinya dan amat menarik bagi kita di Indonesia, yang juga berada dalam proses yang sama, untuk membaca pengalaman manusia di  berbagai negeri lain yang sedang berkembang. bagaimana reaksi dan jawaban mereka terhadap dampak dari berbagai hal baru yang berkembang dalam masyarakat mereka
Bagaimana mereka dapat mengatasi atau menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan dan kemasyarakatan yang timbul
Perubahan-perubahan nilai yang terjadi

About The Author

Okot p’Bitek lahir di Gulu, Uganda Utara. anak kepala sekolah. la menamatkan pendidikan di Gulu High School, King’s College di Budo dan kemudian pada University of Wales dan University of Oxford. Setelah tahun-tahun pertamanya sebagai kepala sekoJah dan atlit, ia melanjutkan studi hukum dan antropologi di Inggris dan segera membuatnya terkenal sebagai ahli sastra oral Afrika dan ahli agama asH. la telah menyadarkan rakyat Afrika bahwa puisi dapat menyenangkan walaupun dengan p’erantara bahasa Inggris, khususnya jika berkaitan dengan kesusasteraan lisan tradisional.
Setelah beberapa tahun sebagai extramural tutor di Uganda dan Kenya, tempat ia melihat festival GuJu dan Kisumu, Okot pindah ke Fakultas Sastra Universitas Nairobi. Buku terbitannya yang pertama adalah sebuah novellwo yang ditulisnya pada usia dua puluhan. tetapi ia menjadi terkenal oJeh Song of La wino, diterbitkan di Inggris pada tahun 1966 dan dalam bahasa lwo asli dalam tahun 1969.
Okot mengajar di berbagai universitas yaitu Makerere, Nairobi, lfe, texas dan Iowa. Okot menjadi Gurubesar Penulisan Kreatifdi Universitas Makerere,.tetapi ic;l.m&ninggaJ pada tahun 1982.
Hasil karyanya yang lain adalah Song of Malay dan Prisoner (EAPH), The Horn of My Love (AWS 147) dan Hare and Hornbill (AWS 193).